Minggu, 20 April 2014

Daifuku Kacang Merah

Long time no see, minnaaaa~
Akhirnya bisa pegang laptop juga setelah sekian lama nggak main sama laptop kesayangan gara-gara UNAS.
Yak, aku udah selesai nih UNAS nya. Walaupun UNAS tahun ini agak gimanaaaaa gitu, tapi ga apa deh. Udah lewat juga. Sekarang yang dibisa cuma berdoa aja.
Oke, kenapa ini jadi melenceng ke topik klise anak kelas 3 SMA sih.

Sebenernya kali ini aku mau share resep masakan lagi nih, minna. (Yeeeeeey!!)
Minna tau yang namanya daifuku? Jajanan dari negara yang ada gunung Fujinya ini (??) adik-kakakan sama mochi. Jadi kalo digigit bisa molor-molor gimana gitu. Daifuku ini isinya bisa berbagai macam. Bisa strawberry, kiwi, coklat, kacang merah, kacang ijo, dan lain sebagainya.


Awalnya aku mikir bikin mochi itu susah, tapi ternyata lumayan gampang pemirsa! Walaupun perlu tenaga super buat bikinnya tapi bikin kue ini seru banget loh. ^^d

Let's see daifuku that I made 2 years ago. Ini daifuku isi kacang merah.


Maafkan! Itu daifuku percobaan pertama. Karena sebenarnya aku ga bisa masak, jadi bentuknya ga bener-bener bulet mulus gitu. (_ _) Tapi walaupun bentuknya buruk rupa, rasanya enak koook~ ^^

Nah, ini dia resepnya.
Douzo~

Bahan :
- Air
- 100gr tepung ketan
- 140gr gula pasir
- teh garam
- kacang merah(disesuaiin sama kulitnya)
- tepung maizena/tepung terigu
- minyak sayur
- pewarna makanan (sesuai selera)

Cara membuat isi:
1. Rendam kacang merah dalam air bersih sekitar 2-3 jam.
2. Kukus kacang merah hingga matang.
2. Hancurkan kacang merah hingga halus.
2. Masukkan ke dalam wajan atau panci. Tambahkan gula secukupnya (jika suka manis tambahkan gula hingga adonan isi semanis yang diinginkan)
3. Masak sebentar hingga padat (airnya habis) dan bisa dibentuk bulat
4. Diamkan hingga dingin. Lalu ambil adonan secukupnya, pulung adonan isi hingga menjadi bulat.

Cara membuat kulit daifuku:
1. Campur tepung ketan dengan air dalam tempat anti lengket.
2. Ketika sudah tercampur rata, masukkan gula, sedikit garam, dan pewarna makanan lalu aduk lagi hingga tercampur rata.
3. Kukus adonan hingga matang. Pastikan seluruh adonan matang dengan cara menusukkan lidi ke adonan. Jika bagian dalam masih terlihat mentah, lanjutkan mengukus hingga seluruhnya matang.
4. Setelah matang, angkat. Tambahkan minyak sayur.
5. Siapkan mixer, lalu mixer adonan hingga bercampur dengan minyak dan adonan lebih kalis. (kalau ngemixer lebih baik minta bantuan orang lain soalnya adonannya bakal jadi lengket banget. Jadi butuh tenaga ekstra)
6. Siapkan loyang atau wadah lebar yang sudah ditaburi tepung di atasnya. Tuangkan adonan ke atas loyang.
7. Ambil adonan secukupnya, pipihkan, masukkan isi yang sudah dibentuk bulat-bulat. Lalu tutup dengan kulitnya. Usahakan tidak terlihat isinya agar hasilnya bagus.

Gimana? Gampang, kan? Bahan-bahannya juga gampang banget didapet di toko deket rumah.
Kalo gitu, biar aku tebak. Sekarang minna pasti udah gatel pengen ke dapur dan masak ini, kan? (sok tau banget)
Kalo udah berhasil boleh banget nih kirimin ke rumah XD
Feel free for asking~
Jaa.. Happy cooking, minnaaaaa~ ^0^/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar