Rabu, 18 September 2013

Takoyaki

Doumo, Minna-sama~
Long time no see!! ^^/ karena kesibukan kelas tiga SMA, sekarang saya jadi nggak bisa sering-sering buka internet dan on dimana-mana, nih. :( (curhat dikit boleh, dong?)

Yaak, karena di posting sebelumnya aku udah menjanjikan bakal ngepost resep satu makanan jepang yang pastinya udah nggak asing lagi buat Minna-san yang merupakan pengikut budaya dan segala hal berbau Jepang.

Gets! bener banget! Sesuai judulnya di atas, kali ini aku bakal posting tentang Takoyaki. (Yatta!!)

Makanan berbentuk bulat kayak bola pinpong ini pasti udah nggak asing lagi buat Minna-san. Minna-san yang pecinta Jepang pasti udah sering banget cobain ini makanan restoran-restoran Jepang atau di kedai takoyaki yang udah banyak tersebar di Indonesia.
Takoyaki adalah bola-bola gurita. Namanya terdiri dari kata "Tako" yang artinya gurita dan "Yaki" yang artinya panggang/goreng. Kalau di Jepang, takoyaki pasti isinya potongan gurita. Tapi yang aku temukan di kota aku, takoyaki bisa isi macam-macam selain gurita. Mereka bisa isi sosis, tuna, cumi, dan bahkan keju, tapi namanya tetep takoyaki. Kenapa namanya nggak ganti jadi "Chizu-yaki" atau "sosisu-yaki", ya? (ditabokin para penjual takoyaki)
Dan dari situ, aku sama teman-teman sepermainan dan seperjuanganku sekali lagi bereksperimen mencoba memasak makanan satu ini.

Douzo...



Bahan :
. tepung terigu 175 gr
. telur ayam 1 btr
. kaldu cair 350 ml (kalau tidak ada bisa pakai air biasa)
. baking powder 1/2 sdt
. Baby octopus 100 gr, kukus, potong dadu (yang ini pasti mahal jadi bisa diganti isi sesuai selera)
. daun bawang 1 btg, cincang
. mayonaise 50 ml
. katsu busyi secukupnya
. minyak goreng/mentega secukupnya
. garam 1/2 sdt

Peralatan :
- tusuk satai/lidi untuk membalik takoyaki
- cetakan takoyaki


Cara Membuat :
1. kocok telur hingga rata, tuangi kaldu cair/air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
2. campur terigu, baking powder, garam, aduk rata. masukkan dalam campuran kaldu. aduk hingga adonan kental dan campur rata.
3. panaskan cetakan takoyaki, olesi dengan minyak/mentega. tuangkan adonan hingga 1/2 cetakan.
4. masukkan potongan isi dan daun bawang
5. masak hingga adonan mengembang, balikkan takoyaki menggunakan lidi/tusuk satai agar bentuknya tetap bulat.
6. masak hingga takoyaki matang merata, angkat. taburi dengan katsu bushi, sajikan.

Untuk saus takoyaki bisa sama dengan saus okonomiyaki (lihat resep okonomiyaki)

ini dia hasil masakan kami. Gara-gara katsuboshinya kebanyakan jadi nggak keliatan deh takoyakinya ^^v

Nah, gampang, kan? kalo mau tau cara membalik takoyaki yang bener biar nggak merusak bentuknya, bisa dilihat di youtube atau pantengin aja para penjual takoyaki waktu ngebalik takoyakinya. (plaak!)
Have fun cooking, Minna!! ^^9

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar